Artikel Terbaru :

Home » » cara memasang google analytics di blogspot

cara memasang google analytics di blogspot

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Google memanglah sangat berperan dalam dunia internet. Situs yang paling banyak di akses didunia ini selain berfungsi sebagai mesin pencari ternyata juga memiliki fungsi lain yang sangat banyak dan beragam. Salah satu fitur yang disediakan oleh google dan dapat digunakan secara gratis adalah Google Analitics. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan google analytics dan apa fungsinya bagi kita semua? Untuk menjelaskan ini rasanya sangat sulit, namun saya akan menjelaskan dengan gaya bahasa saya sendiri. Google analytics itu seperti histats, jadi fungsinya sebagai penghitung dan memonitor orang yang mengunjungi situs/blog kita. Dengan google analyitcs maka anda akan bisa mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi blog anda, berapa banyak orang yang sedang online di blog anda, apa browser yang mereka gunakan, apa OS yang mereka gunakan, dari mana mereka mengunjungi blog anda dan masih banyak lagi.

Cara pasang google analytics di blogger (blogspot)
Pertama silakan kunjungi situs google analytics di http://google.com/analytics
Kemudian silakan klik masuk (sign in), masukkan alamat email dan password yang biasa anda gunakan untuk log in ke blog anda.
Setelah masuk langkah selanjutnya adalah klik sign up (daftar) google analytics seperti gambar dibawah ini:


Pada halaman berikutnya silakan pilih yang classic analytics dan masukkan data-data anda di bawahnya, seperti alamat blog nama anda, dan juga negara anda tinggal saat ini. Setelah itu silakan klik get tracking ID dan akan muncul term of service google anaytcs, klik saja I accept (saya setuju).

Pada halaman baru anda akan diberikan sebuah ID, nah inilah yang bisa anda gunakan untuk dipasang di blogger. ID nya seperti gambar dibawah ini:
Copy ID tersebut dan log in ke blogger-setelan-lainnya dan paste ID google analytic disana. Lihat gambar seperti dibawah ini:
Silakan klik simpan dan selesai. Untuk melihat laporan statistik pengunjung anda bisa membukanya di google analytic, log in ke google analytic menggunakan akun google (email dan password yang anda gunakan untuk log in ke blogger) dan akan ada hasil dari statistik blog sobat.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger