Artikel Terbaru :

Home » , » tips cara sukses menghadapi ujian nasional dengan jujur dan tanpa mencontek

tips cara sukses menghadapi ujian nasional dengan jujur dan tanpa mencontek

(dedi-smk.blogsdpot.com) Ujian merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh para anak didik. Apa lagi jika sifat ujian itu bersifat nasional dan menentukan kelulusan dari sekolah tersebut, sudah dapat dipastikan semua akan berusaha keras agar dapat lulus dari ujian nasional tersebut. Tak jarang demi tercapainya kelulusan sebagai mana yang dimaksudkan maka berbagai upaya kejipun dilakukan, mulai dari mencontek, menerima kunci jawaban dari sms, membayar (menyogok) guru, dan masih banyak lagi. Meskipun banyak orang yang tak jujur namun ada baiknya juga jika anda jujur untuk urusan yang satu ini. Apakah anda benci koruptor? Mereka tidak jujur karena menggunakan uang tidak sesuai peruntukannya. Lalu apa bedanya anda dengan koruptor jika anda juga tidak jujur? Oke baiklah dari pada pusing memikirkan ujian mending simak aja nih cara agar lulus ujian dengan jujur dan tentunya tanpa kecurangan (menurut saya):

1. Jujur
Kembali saya tekankan bahwa kejujuran merupakan suatu hal yang sangat penting. Seiring dengan semakin sedikitnya kejujuran yang ada dibumi ini, maka hal ini akan menjadi peluang anda untuk menjadi beda dengan cara jujur. Yakinlah bahwa Tuhan akan selalu menyertai dan membantu orang-0orang yang jujur.

2. Jangan terlalu tertutup
meskipun anda harus jujur namun anda juga harus menggunakan logika. jika kejujuran itu bisa membawa anda ke neraka maka lakukanlah sedikit kebohongan untuk menyelamatkan anda dari neraka.

3. Mempersiapkan diri
Seperti yang kita ketahui jika kitya tidak berusaha maka tidaklah akan berhasil. Begitu pula dengan ujian jika anda tidak berusaha dan hanya berdoa setiap hari sama saja bohong. Untuk itu anda harus berusaha dengan cara belajar keras dan untuk urusan hasil itu ada di tangan Tuhan.

4. Mencari referensi
Cobalah mencari materi referensi mengenai soal ujian tahun lalu, biasanya ujian yang akan di teskan tahun ini kurang lebih akan sama atau sejenis dengan soal ujian tahun yang telah berlalu. Pelajari materinya dan tanyakan kepada guru jika anda tidak bisa atau ragu.

5. jangan berharap dapat contekan
ini merupakan masalah serius, mungkin anda masih bisa berharap mendapatkan contekan dari teman saat anda sedang melakukan ujian sekolah namun berbeda dengan ujian nasional. Saat ujian nasional soal terdiri dari 16 tipe, kata guru saya ujian nasional tahun ini (2013) akan menggunakan soal dengan 16 tipe dan per kelas hanya boleh di isi oleh 16 orang. maksudnya dalam satu kelas akan terdapat 16 anak yang mendapatkan soal yang berbeda-beda, jadi kesempatan anda untuk mencontek sangatlah kecil.


Demikianlah dan saya tidak menjamin anda akan lulus meskipun anda telah melakukan cara-cara diatas karena kelulusan seseorang ditentukan oleh Tuhan bukan manusia. Baiklah semoga bermanfaat, dan jika anda memang benar-benar ingin lulus maka belajarlah dengan sungguh-sungguh dan jawab semua soal dengan benar. semoga bermanfaat.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger