Artikel Terbaru :

Home » » efek dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia

efek dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia

(dedi-smk.blogspot.com) Polusi atau pencemaran udara adalah masuknya satu atau lebih zat fisik, kimia maupun biologi dalam jumlah banyak yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan maupun lingkungan sekitar. Polusi udara selain dapat mengganggu kesehatan manusia ternyata juga menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk itu kita membutuhkan udara bersih sebagai salah satu unsur yang menandakan bahwa manusia akan sehat, sebaliknya jika udara kotor berarti manusia juga akan sakit dengan berbagi macam penyakit. Dampak dari pencemaran udara tidak bisa dianggap remeh karena memang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan dan namun lingkungan. Kemajuan teknologi yang sangat pesat semakin memperburuk pencemaran yang terjadi di udara, contohnya saja semakin hari semakin banyak orang yang memiliki kendaraan bermotor, akibatnya semakin banyak pula orang sumber CO2 yang setiap hari dihasilkan. Rasanya di zaman modern ini manusia harus kembali berbenah, manusia harus kembali menggunakan alat yang bersahabat dengan lingkungan. Contohnya saja menggunakan kendaraan bertenaga listrik, selain ramah terhadap lingkungan ternyata juga harga listrik lebih murah dari pada harga bensin. Dampak polusi udara bagi kesehatan manusia sangat beragam, di udara setidaknya ada berbagai macam polusi yang diantaranya:

Gas CO
Saat gas CO terhirup dan masuk kedalam tubuh manusia maka gas CO segera masuk ke dalam darah yang selanjutnya berikatan dengan haemoglobin. Gas CO akan lebih mudah diikat haemoglobin dari pada oksigen atau O2. Hal tersebut akan mengakibabatkan tubuh kekurangan oksigen yang dapat menimbulkan pusing,  nafas menjadi sesak, muntah, pingsan dan yang paling parah dapat menyebabkan kematian.

Gas CO2
Gas CO2 juga merupakan gas yang berbahaya bagi manusia, gas yang berada di udara sekitar 380 ppm ini merukan hasil dari metabolisme makhluk hidup. Contoh metabolisme yang menghasilkan gas CO2 adalah saat kita bernafas yang mengeluarkan CO2 atau bisa juga disebut dengan karbondioksida. Gas CO2 termasuk gas yang berbahaya karena beracun, ciri-ciri gas ini adalah tidak berwarna dan berbau namun jika gas ini masuk ke paru-paru akan dapat menyebabkan reaksi yang menimbulkan paru-paru berlubang dan akhirnya infeksi.

NO2
NO2 atau nama lainnya nitrit merupakan jenis gas yang bersifat tidak stabil bila berikatan dengan oksigen. Nitrit bersifat racun disebabkan karena gas ini dapat bereaksi dengan hemoglobin pada darah, yang dapat menyebabkan darah tidak dapat membawa oksigen, selain hal tersebut nitrit membentuk nitrosamin (RRN-NO) pada air buangan tertentu dan menimbulkan kankern penyakit kanker inilah yang dapat menyebabkan kematian.

Demikianlah bahaya gas yang mencemari lingkungan bagi kesehatan manusia, semoga bermanfaat.
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

Wednesday, April 3, 2013 at 5:08:00 PM GMT+7

ada lagiii !!!

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger