Artikel Terbaru :

Home » » dampak polusi air bagi kesehatan manusia dan penyakit yang ditimbulkan dari pencemaran air

dampak polusi air bagi kesehatan manusia dan penyakit yang ditimbulkan dari pencemaran air

(dedi-smk.blogspot.com) Polusi merupakan masalah besar yang akhir-akhir ini sempat membuat dunia panik. Ditambah lagi dengan isu akan terjadinya kiamat yang di picu oleh semakin naiknya suhu dari bumi. Tak hanya sampai disitu akhir-akhir ini juga beredar berita global warming, hal tersebut dapat dilihat dari panasnya suhu saat ini, mencairnya es kutub, hujan yang tak menentu, angin kencang, air laut naik, dan masih banyak lagi. Polusi air disini saya maksudkan sebagai polusi yang terjadi didalam air, polutan yang terdapat air sangatlah berbagi macam yang diantaranya : limbah industri, insektisida, Pb, Hg, Zn, CO, dan masih banyak lagi yang lain. Selain polutan-polutan diatas dapat diketahui juga dengan melihat warna dari air, jika air berubah warna biasanya air telah tercemar oleh suatu zat yang menyebabkan warna air berubah dari warna normal (bening). Polusi air sendiri dapat membahayakan kesehatan manusia, bahaya yang ditimbulkan adalah berupa penyakit. Disini saya akan mencoba membagi berbagai macam penyakit yang kita dapatkan dari polusi air menjadi dua macam yakni penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Penyakit Menular
Penyakit menular, sesuai namanya penyakit menular dapat menular dari orang satu ke orang yang lain. Berbagai macam penyakit menular dari polusi air disebabkan oleh beberapa hal, yakni: Virus yang terdapat dalam air yang tercemar, bakteri, protozoa, metazoa, dll. Selain penyebab dari luar seperti yang telah saya sebutkan tadi penyakit juga akan mudah menyerang tubuh jika kekebalan tubuh kita lemah, untuk itu kita harus berusaha menjaga kesehatan tubuh dan memakan makanan yang seimbang.

Penyakit Tidak Menular
Penyakit menular, dari namanya dapat diambil kesimpulan bahwa penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang tidak dapat menular dari orang satu ke orang lain. Banyak hal yang menyebabkan penyakit tidak menular menyerang manusia, diantaranya adalah kandungan yang terdapat didalam air yang tercemar. Kandungan air tercemar yang berpotensi menyebabkan penyakit tidak menular kepada manusia diantaranya: kakmium, kobal, merkuri, senyawa organik berklorin, timbal, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan penyakit menular yang saya jelaskan diatas, penyakit tidak menular tidak akan menyerang tubuh kita jika kita menjaga kesehatan dan selalu menjaga agar kekebalan tubu dalam kondisi terbaik dengan cara istirahat yang cukup dan makan makanan yang seimbang.


Share this post :

+ komentar + 2 komentar

wulan armi
Monday, February 18, 2013 at 9:44:00 AM GMT+7

ada yg lebih lengkap lagi ga ?

Monday, February 18, 2013 at 4:24:00 PM GMT+7

ada tapi males ngetiknya... hehe

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger