Artikel Terbaru :

Home » » cara kerja listrik menyengat atau menyetrum manusia

cara kerja listrik menyengat atau menyetrum manusia

(dedi-smk.blogspot.com) Listrik merupakan energi serba guna yang keberadaannya sangatlah membantu manusia. Berbagai hal yang membutuhkan energi listrik diantaranya transportasi (seperti kere listrik), pabrik atau industri, lift, penerangan, robot, dan masih banyak lagi. Seiring penting dan sangat bermanfaatnya listrik bagi manusia ternyata dibalik itu semua listrik juga bisa menjadi salah satu musuh yang sangat mematikan terhadap manusia. Bahaya listrik yang dimaksud adalah bahaya tegangan sentuh atau tersengat listrik atau ada juga yang menyebut dengan kesetrum. Sengatan listrik tidak akan terjadi jika anda mengetahui cara kerja listrik menyengat manusia. Untuk itu kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai cara kerja listrik dalam menyengat manusia. Coba anda tes lampu atau beban listrik yang lain menggunakan ohm meter atau multimeter, maka anda akan mendapatkan suatu nila R disana. Cara kerja listrik dapat menyalakan lampu adalah dengan mengalirkan arus fasa menuju beban untuk kemudian diteruskan menuju netral. Begitu pula dengan manusia, anda tentunya tau bahwa manusia ternyata sebagian besar terbuat dari air dan kita juga tau bahwa air merupakan penghanar listrik. Saat listrik menyengat manusia arus mengalir dari fasa menuju manusia (yang berperan sebagai beban) untuk kemudian diteruskan menuju netral. Jadi listrik dapat menyengat anda karena memang anda dianggap sebagai beban layaknya lampu tadi. Sekarang coba anda pasang lampu hanya dengan satu kabel fasa saja dan tanpa memasang kabel netral, maka perhatikan lampu tidak akan menyala. Begitu pula anda, jika anda hanya memegang kabel fasa saja tanpa menyentuh kabel netral maka anda juga tidak akan kesetrum. Namun harap diperhatikan bahwa kebanyakan manusia kesetrum karena mereka memegang kabel fasa sedangkan netralnya didapatkan dari tanah, tanah bersifat netral jadi jika anda menyentuh kabel fasa dan kaki anda menyentuh tanah maka anda akan kesetrum.

Kesimpulan
Kesimpulannya cara kerja listrik menyengat manusia adalah apa bila listrik mengalir dari fasa menuju diri anda (sebagai beban) kemudian diteruskan ke netral, jika anda hanya menyentuh salah satu saja misalnya fasa maka anda tidak akan kesetrum. Banyak orang kesetrum karena mereka memegang fasa dan kaki mereka terhubung dengan tanah, tanah bersifat netral.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger