Artikel Terbaru :

Home » » cara membuat program start-stop/on-off beban (motor/lampu) menggunakan plc

cara membuat program start-stop/on-off beban (motor/lampu) menggunakan plc

(dedi-smk.blogspot.com) Apa sih PLC? PLC (programable logic controler) adalah suatu alat yang dapat kita program cara kerjanya sesuai yang kita kehendaki, penggunaan PLC pada umumnya pada pabrik-pabrik dan instansi besar lainnya. Di era modern ini semuanya terasa mudah dan serba modern, tidak hanya internet namun peralatan-peralatan juga sudah mulai diganti dengan yang otomatis. Contohnya PLC, alat kotak kecil ini bisa kita program sesuai keinginan kita. Misal membuat lampu otomtis menyala saat gelap (dan mati saat terang), pintu membuka saat ada orang mendekat (penerapannya pada mol dan gedung-gedung besar), untuk trafik light (trafk light juga menggunakan PLC loch.. baru tau ya?), dan masih banyak lagi tergantung bagaimana kita memprogram PLC ini, mau dijadikan apa itu terserah kita. Oke kali ini dedi-smk akan memposting artikel mengenai membuat program start-stop beban dengan PLC. Ini merupakan program dasar yang paling mudah, jika kamu ingin belajar pemrograman PLC kamu harus memulainya dari program-program dasar terlebih dahulu, contohnya program yang akan kita bahas kali ini. Langsung aja inilah cara membuat program start-stop beban dengan menggunakan PLC versi dedi-smk hanya untuk kamu yang mengunjungi blog dedi-smk.

Rangkailah program menggunakan CX-programer atau ZEN seperti gambar dibawah ini:
Berikut akan dedi-smk jelaskan mengapa gambar rangkaian itu dapat bekerja sebagai tombol start-stop.
penjelasan:
Ketika I0 ditekan maka arus akan mengalir menuju M0, M0 yang menerima arus mengakibatkan M0 (IR) menutup dan akhirnya Q0 (beban) akan menyala. Ketika tombol I0 dilepas beban tetap menyala karena M0 sudah mengunci rangkaian. Sedangkan untuk mematikan rangkaian digunakan tombol I1, jika I1 ditekan maka pengunci M0 akan membuka sehingga menyebabkan pengunci (M0) membuka. Ketika tombol I1 dilepas maka rangkaian tetap mati, karena pengunci telah lepas.


Jika kurang mengerti bisa menanyakan lewat komentar, cukup sekian dan terimakasih!
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger