Artikel Terbaru :

Home » , , » Benci PLN? Pikir dulu alasannya!

Benci PLN? Pikir dulu alasannya!

PLN merupakan singkatan dari perusahaan listrik negara yang merupakan perusahaan listrik terbesar yang bertanggung jawab atas energi listrik di Indonesia. Sebelum adanya listrik mungkin kita bisa membayangkan bagaimana susahnya hidup saat itu, anda tak bisa menyalakan lampu, tak bisa menyalakan TV, tak bisa menyalakan HP dan bahkan kegiatan sehari-hari anda akan sangat terganggu. Manfaat dari PLN sebenarnya sangat banyak dan mungkin masyarakat sendiri tidak terlalu menyadarinya. Banyak orang yang membenci PLN, entah apa yang mereka pikirkan namun menurut saya hal ini sangatlah tidak logis.

1. Saya benci PLN karena listrik dirumah diputus (nggak kuat bayar listrik)
Mungkin inilah yang sering keluar dari mulut masyarakat yang membenci PLN, karena alasan belum membayar tagihan listrik maka dengan terpaksa listrik mereka harus di putus. Ada suatu cerita, dahulu teman saya pernah menunggak 4 bulan tidak membayar listrik kemudian petugas PLN dengan ramah datang dan memberikan peringatan namun berhubung keluarganya sedang berada dalam posisi sulit dengan terpaksa tidak dapat membayar tagihan yang di maksudkan. Akhirnya dengan sangat terpaksa petugas PLN datang kembali dan berniat untuk memutuskan aliran listrik, keluarga teman saya marah dan geram dengan petugas PLN tersebut akhirnya suasana menjadi memanas dan pertikaian tak dapat di hindarkan. Selang beberapa tahun kejadian itu terjadi sekarang teman saya sadar bahwa petugas PLN tidak bersalah, mereka menjalankan semuanya dengan dasar perintah. Mereka juga memiliki anak dan istri, apa bila mereka tak menjalankan perintah tersebut tentu pecat adalah ancamannya. Sekarang secara logika aja ya, dari pembangkit listrik terus masuk gardu induk kemudian masuk ke jaringan dan melewati medan-medan yang sulit akhirnya bisa masuk kerumah warga, semua itu membutuhkan dan yang tak sedikit. Jika pelanggan tak mau membayar karena alasan tidak mampu seperti ini lalu dana dari mana untuk PLN bisa tetap hidup? Ingat ya, listrik yang anda nikmati dirumah cara mendapatkannya tak semudah anda membalikkan telapak tangan.

2. Benci PLN karena sering mati listrik
Biasanya saat hujan deras ataupun sedang angin kencang akan mati listrik. Mengapa demikian? Ciptaan manusia tidak ada yang sempurna, saat hujan dan angin kencang bisa saja ada pohon tumbang dan akhirnya listrik menjadi mati. Lalu bagaimana saat tidak ada hujan dan tidak ada angin kencang kok juga mati listrik? Kembali ke manusia lagi bahwa ciptaannya tak ada yang sempurna dan abadi, sering terjadi peralatan listrik di dalam jaringan rusak karena telah di makan usia, terkadang juga karena trafo step down mengalami kerusakan. Ada lagi pertanyaan mengapa mati listrik kok sampai ber jam-jam? Waktu saya ikut PLN (saat itu saya sedang PKL) saya mengetahui apa alasannya ternyata mereka mencari dulu penyebabnya apa, cara mencarinya tidak semudah mencari bensin atau solar yang di POM bensin ada, namun mereka harus berkeliling

3. Benci PLN karena pemadaman bergilir
Woy pikir donk, kira-kira PLN melakukan pemadman bergilir karena alasan apa? Mereka memiliki alasan yang sangat logis yakni karena pemasukan energi listrik yang kurang. Misalnya saja pemasokan energi listrik tidak kurang nggak mungkin kok PLN akan melakukan pemadaman bergilir.

4. Benci PLN? Ini solusinya!
Jika memang terpaksanya anda tak bisa menghilangkan rasa kebencian anda terhadap PLN saya memberi saran agar anda jangan menggunakan listrik PLN. Kalau benci ya tinggalkan aja, anda kan bisa menggunakan genset atau membuat pembangkit sendiri? Dari situ anda akan tau bahwa membuat listrik itu tidak mudah serta membutuhkan dana yang besar. Kalau benci ya tinggalin aja, ngapain repot koar-koar di facebook membeberkan kinerja PLN yang buruk? Ada lagi yang parah pake ngebandingin PLN luar negeri sama PLN Indonesia, hey sadar donk luar negeri sama Indonesia itu kan beda? Merea sudah lebih maju dari kita terus lokasi mereka juga sangat berbeda dengan Indonesia. Di Indonesia saat hujan masih banyak pohon tumbang terus kena jaringan listrik akhirnya mati deh listrik. Terus ada lagi yang aneh di Indonesia banyak banget masyarakatnya yang sering mencuri listrik, emang diluar negeri sama kaya kita? Mari yang benci PLN silakan menggunakan energi yang lain jangan selalu menyalahkan PLN, mereka sudah bekerja keras. Yang tambah membuat saya bingung setiap kali ada petugas PLN yang keliling desa-desa (mereka memonitor jaringan) kok ada aja yang ngejek mereka? Ingat mereka itu bawahan yang diperintah oleh atasan, jika mau mengejek sana aja ke atasannya.
Share this post :

+ komentar + 2 komentar

Saturday, May 25, 2013 at 1:19:00 PM GMT+7

pendapat yg bagus... :)

Monday, May 27, 2013 at 12:08:00 PM GMT+7

memang PLN sering memadamkan listrik tetapi ada alasan yang memang terpaksa harus dilakukan untuk kebaikan pengguna listrik PLN juga. Artikel yang bagus

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger