Artikel Terbaru :

Home » » Kumpulan upacara adat suku minahasa

Kumpulan upacara adat suku minahasa

Beberapa upacara adat yang ada di duku minahasa sulawesi~ Upacara merupakan salah satu hal yang saya lakukan rutin di sekolah setiap hari senin, namun berbeda dengan artikel yang akan saya bahas kali ini yang akan menceritakan mengenai beberapa upacara adat yang ada di suku minahasa. Keanekaragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia membuat para turis manca negara sangat kagum dengan negeri ini, tak kalah dengan suku minahasa yang memiliki banyak sekali upacara adat. Selain upacara adat ternyata suku minahasa yang terletak di pulau sulawesi ii juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Tanpa berlama-lama apa saja upacara adat yang ada di suku minahasa akan di bahas dibawah ini:

1. Metipu
Adalah salah satu upacara adat yang dilakukan oleh suku minahasa dengan tujuan penyembahan kepada sang pencipta yang disebut dengan Benggona Langi Dautan Saluran. Sebagai orang muslim sebaiknya kita jangan tiru-tiru apa lagi sampai ikutan, jangan sampai kita menyekutukan Allah, Cukup sebagai ilmu pengetahuan saja dan tak perlu di amalkan.

2. Mupuk Im Bene
Upacara adat suku minahasa mupuk Im bene merupakan upacara yang di lakukan selepas panen raya, mungkin tujuan dari upacara ini adalah sebagai rasa syukur telah di berikannya panen yang berlimpah oleh Tuhan.

3. Monondeaga
Upacara adat ini di lakukan untuk mengukuhkan atau memperingati masa pubertas bagi seorang wanita yang pertama. Saya juga kurang tau apa tujuan di adakan upacara ini, mungkin karena nenek moyang mereka dahulu melakukan hal itu jadi mereka mengikuti begitu saja.

Berbeda-beda suku, bahasa, agama, dan RAS ternyata bukanlah hal yang membuat kita lemah. Justru jika kita bisa saling mengerti dan saling menghargai satu sama lain serta saling bekerja sama da bersatu akan menjadi kekuatan yang sangat dahsyat dan dapat membawa negara kita maju.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger