Artikel Terbaru :

Home » , » cara menghitung BEP (Q) KWU break event point

cara menghitung BEP (Q) KWU break event point


Cara menghitung BEP atas dasar kuantitaif (jumlah unit) BEP(Q) pelajaran KWU SMA dan SMK~ Berhubung dari kemarin saya telah menulis artikel yang berhubungan dengan bagaimna cara mendapat uang dari internet maka kali ini saya akan mencoba untuk membagikam informasi yang berhubungan dengan informasi pendidikan mata pelajaran KWU yang pada umumnya di ajarkan pada SMA maupun SMK atau sederajat. Sebelum saya jelaskan bagaimana cara menghitung BEP(Q) seperti judul artikel ini terlebih dahulu akan saya jelaskan apa yang di maksud dengan BEP itu sendiri. BEP atau dalam bahasa inggrisnya merupakan Break Event Point merupakan titik seimbang antara jumlah hasil penjualan dengan biaya yang di keluarkan untuk produksi atau dalam bahasa awamnya adalah tidak untung dan juga tidak rugi. BEP perlu di ketahui supaya suatu perusahaan tahu jumlah produk yang harus di hasilkan supaya perusahaan tidak mengalami kerugian.

Unsur-unsur dalam BEP antara lain adalah sebagai berikut ini: 

  1. Biaya tidak tetap besarnya secara total berubah-ubah dan sebanding dengan volume penjualan.
  2. Biaya tetap besarnya secara total tidak berubah-ubah.
  3. Penggolongan biaya perusahaan ada dua yakni biaya tetap dan biaya tidak tetap.
  4. Selama pelaksanaan analisis harga jual untuk setiap unit tidak berubah.
  5. Perusahaan hanya memproduksi satu macam produk, dan jika memproduksi lebih dari satu macam produk maka penjualan dari masing-masing produk tetap atau konstan.

Jika kita sudah mengetahui apa yang di maksud dengan BEP dan juga mengetahui apa saja unsur-unsurnya sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara menghitung BEP(Q) seperti tujuan artikel ini di buat.

Cara menghitung BEP(Q):
Sebelum menghitung BEP(Q) kita harus tau rumus dari bep(q) yakni:

BEP(Q)= FC/(P-VC) =====> dibaca FC dibagi P dikurangi VC

Keterangan:
BEP(Q) = adalah jumlah produk yang dihasilkan
FC = Biaya tetap
VC = biaya tidak tetap
P = harga juak

Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan contoh soal beserta penyelesaiannya di bawah ini:

Contoh soal:
Suatu perusahaan baju harus mengeluarkan dana sebagai berikut: Biaya tetap 36 juta, biaya tidak tetap 40 ribu untuk setiap unit, harga jual 100 ribu untuk setiap unit. Hitunglah berapa besarnya BEP(Q)!

Penyelesaian
BEP(Q)= 36 juta / (100 ribu- 40 ribu)
            = 36 juta  / 60 ribu
            = 600

Jadi jawabannya adalah jika perusahaan tersebut ingin menutup biaya tetap sebesar 36 juta maka produk minimal yang harus terjual adalah 600 unit.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger