Artikel Terbaru :

Home » » cara kerja anti petir melindungi bangunan

cara kerja anti petir melindungi bangunan


cara kerja penangkal petir melindungi bangunan~ Kalian pasti pernah memperhatikan tower bts, nah saat memperhatikan secara seksama tower tersebut maka kalian akan melihat bahwa di sama ada sesuatu yang runcing dan memancar ke atas seperti tombak, apakah kalian tau apa namanya? Namanya adalah penangkal petir. Penangkal petir merupakan alat (rangkain) yang digunakan untuk melindungi banguna atau benda lain dari sambaran petir dengan tujuan bangunan atau benda yang di beri anti petir menjadi aman dari sambaran petir. Sampai di sini kalian pasti bingung bagaimana mungkin tongkat runcing memanjang ke angkasa di letakkan di atas tower seluler dapat berfungsi sebagai penangkal petir? Jika kalian masih bingung berikut ini akan saya jelaskan sedikit mengenai bagaimana cara kerja penangkal petir.

Cara kerja penangkal petir menurut saya
Jika kamu pernah belajar mengenai kelistrikan tentunya kamu pernah paling tidak membaca bahwa sebenarnya petir merupakan suatu listrik statis. Petir merupakan listrik yang memiliki arus sangat besar, bayangkan saja listrik di rumah kita rata-rata hanya 2-8 Ampere sedangkan arus listrik yang terdapat dalam petir mencapai ribuan ampere, jika seseorang terkena atau kesambar petir wajar saja jika bisa mati seketika, pasalnya orang tersengat (kesetrum) listrik yang hanya 2 ampere saja sudah bisa menimbulakan kematian apa lagi jika sudah mencapai ribuan ampere, bisa gosong deh tuh. Nah berbicara tentang listrik kalian tentu tau bahwa ada beberapa benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik yang kita sebut dengan konduktor. Nah jika kita bisa mengalirkan listrik dari tempat satu ke tempat lain melalui penghantar yang terbuat dari bahan konduktor begitu juga dengan petir, kita juga dapat menghantarkan arus listrik dalam petir dari tempat satu menuju tempat yang lain. Dalam hal ini biasanya petir akan menyambar ke suatu tempat yang lebih tinggi dan runcing dari sekitarnya, maka di dibuatlah anti petir yang bentuknya runcing dan lebih tinggi dari sekitarnya. Saat ada petir yang menyambar maka petir tersebut akan lebih memilih untuk menyambar tempat yang lebih tinggi, berhubung anti petir yang kita buat lebih tinggi dari bangunan sekitar maka petir akan cenderung menyambar anti petir tersebut, saat anti petir tersambar oleh petir maka muatan listrik yang ada dalam petir akan langsung di alirkan menuju tanah. Coba deh perhatikan pasti di setiap anti petir selalu ada kawat atau kabel atau jenis penghantar lain yang menuju ke tanah, nah kabel tersebutlah yang mengantarkan arus petir langsung menuju tanah sehingga tak menyambar bangunan sekitarnya.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger