Artikel Terbaru :

Home » » dampak menggunakan laptop tanpa baterai (netbook)

dampak menggunakan laptop tanpa baterai (netbook)

(dedi-smk.blogspot.com) Laptop atau netbook merupakan salah satu perangkat yang dapat di fungsikan sebagai PC atau komputer. Perkembangan laptop sangatlah pesat, kini komputer mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke laptop karena laptop bisa di bawa kemana-mana. Tidak seperti komputer yang berat dan menghabiskan sumber daya, laptop didesain ringan, bisa dibawa kemana-mana dan hanya menghabiskan sedikit sumber daya. Banyak orang berpendapat bahwa mencharge laptop sambil digunakan akan cepat membuat rusak baterai karena kembung, menurut saya hal tersebut benar. Untuk mengatasi supaya baterai tidak mudah rusak biasanya baterai dicabut lalu menghidupkan laptop tanpa baterai, alias langsung menggunakan charger. Menurut saya hal tersebut juga tidak salah, namun ada orang yang berpendapat bahwa hal tersebut akan merusak laptop itu sendiri dan saya juga setuju dengan pendapat tersebut. Hal yang akan membuat laptop rusak karena langsung di hidupkan dengan charger adalah sebagai berikut (saya dapatkan dari berbagai sumber):

Tegangan pada charger tidak sama dengan tegangan pada baterai
Charger merupakan adaptor yang merubah arus AC listrik PLN menjadi arus DC. Biasanya pada charger tertulis tegangan, misalnya 12 volt namun hal tersebut sebenarnya tidaklah stabil dan bergantung pada tegangan sumber. Sebagai contoh jika tegangan sumber naik maka tegangan yang akan dihasilkan juga akan naik melebihi 220 volt, sebenarnya hal tersebut dapat diatasi dengan memasang dioda zenner pada adaptor (charger). Sekedar informasi dioda zenner adalah dioda yang digunakan untuk menstabilkan tegangan.

Bahaya saat mati lampu
saat mati lampu anda akan merasa kesal terlebih bila anda memiliki berkas yang belum disimpan pada laptop. Dianjurkan jika anda menggunakan laptop untuk bekerja sebaiknya tetap menggunakan baterai guna mengantisipasi mati lampu yang mendadak. Selain itu mati lampu yang mendadak menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba dan resiko terbesar dapat merusak harddisk dan jika harddisk rusak maka hilanglah semua data anda dalam laptop.

Bahaya saat charger anda rusak atau tidak sesuai
Jika charger yang anda gunakan sudah tidak normal atau anda menggunakan charger yang bukan asli dari pabrik laptop maka kemungkinan besar jika anda menggunakan laptop tanpa baterai dan langsung menggunakan charger tersebut akan merusak hardware anda, Charger yang tidak normal biasanya mengeluarkan arus yang sedikit dan tegangan yang tak menentu, saat laptop kekurangan arus listrik maka komponen didalamnya akan rusak. Sebaliknya jika laptop kelebihan tegangan komponen didalam laptop juga akan mengalami kerusakan.

Oke cukup itu saja, semua tergantung pada anda. Ingatlah bahwa buatan manusia tidak ada yang sempurna, sebaik apapun kita merawat peralatan elektronik yang kita miliki suatu saat nanti tetaplah akan dimakan oleh usia. Kita hanya bisa membuat dan memanfaatkannya dan kita tak kan pernah bisa membuatnya kekal.
Share this post :

+ komentar + 3 komentar

Wednesday, February 27, 2013 at 1:10:00 PM GMT+7

Ow begitu ya gan?
Ane malah sering copot batre

Thanks Infonya

Wednesday, February 27, 2013 at 1:12:00 PM GMT+7

La klo dices, batre masih dipasang kan jg merusak batre gan (katanya)

Wednesday, February 27, 2013 at 4:09:00 PM GMT+7

kalau saya sih mending rusak baterai dari pada rusak laptopnya gan.... Ya buatan manusia memang tak ada yang sempurna

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger