Artikel Terbaru :

Home » » merawat laptop/komputer supaya tidak cepat rusak

merawat laptop/komputer supaya tidak cepat rusak

(dedi-smk.blogspot.com) Komputer merupakan piranti elektronika yang sudah umum digunakan oleh masyarakat, akhir-akhir ini komputer lebih sering digantikan dengan laptop, notebook, tablet PC maupun samartphone yang dapat difungsikan sebagai komputer. Komputer layaknya kita sebagai manusia, jika kita setiap hari butuh perawatan seperti makan, mandi, bersih-bersih, ganti baju, dan lain sebagainya maka begitu pula dengan komputer. Jika ingin mendapatkan kerja yang maksimal dari komputer yang kita miliki maka memang sudah seharusnya kita menjaga dan merawatnya dengan baik. Berikut adalah tips menjaga kesehatan komputer yang baik:

Jaga keyboard tetap bersih
Banyak hal yang dapat mengganggu perangkat komputer melalui keyboard, terlebih jika anda menggunakan laptop. Saat ada sesuatu yang masuk ke keyboard dapat menyebabkan tombol keyboard menjadi mati, banyak kasus yang terjadi biasanya tombol capslock mayi, tombol shift mati dan masih bayak lagi. Untuk menghindari hal ini pakailah pelindung keyboard harganya murah tidak mencapai 15 ribu, bisa anda beli ditoko elektronik perlengkapan komputer terdekat.

Menjauhkan speaker dari CPU
Ini khusus untuk komputer dan tidak berlaku untuk Laptop Kita semua tau bahwa semua perangkat elektronika yang menggunakan arus listrik biasanya akan menimbulkan daya medan magnet, hal yag dapat merusak kedua perangkat (CPU dan speaker) adalah apabila keduanya saling berdekatan dan saling berkontak magnet, meskipun resikonya sangat kecil namun tidak ada salahnya juga untuk berantisipasi.

Menghapus file di recyclebin
Recyclebin atau tempat file daur ulang biasanya berisi kumpulan file yang telah kita hapus, jika memang file tersebut sudah tidak kita butuhkan lagi buat apa disimpan direcyclebin? dari pada membuat harddisk penuh dan akhirnya memaksa memori untuk bekerja lebih keras lebih baik kita menghapus file tersebut.

Menggunakan Anti-virus
Anti-virus merupakan sebuah software perangkat lunak piranti anti mata-mata dan ancaman yang dapat melindungi dari software yang membahayakan komputer. Faktanya banyaknya virus yang terdapat dalam komputer kita juga akan mengurangi umur CPU, harddisk maupun perangkat keras lain yang bersangkutan. Kita bayangkan seandainya ada sebuah virus dalam komputer/laptop kita yang kerjaannya mematikan dan menghidupkan bluetooth secara terus menerus maka apa yang akan terjadi pada perangkat bluetooth? Tentu saja dalam waktu yang tidak lama bluetooth akan segera rusak dan mempengaruhi kinerja komputer. Dan untuk mencegah segala kemungkinan yang tidak kita inginkan ini kita membutuhkan sebuah software khusus yang dinamakan dengan anti-virus, untuk download anti-virus klik disini

Menghapus software yang tidak penting
Banyak dari kita yang hobinya menjelajah internet dan apabila kita menemukan suatu software yang kita anggap menarik maka tanpa berfikir panjang lebar kita akan mendownloadnya, setelah kita bosan dengan software tersebut kita hanya mendiamkannya dan tanpa menghapusnya. Ini yang menjadi masalah bagi komputer kita, selain dapat membuat memori penyimpanan penuh hal ini juga akan membuat komputer kita menjadi tambah lambat. Ingatlah saat booting komputer kita memeriksa semua registry (kalau tidak salah) jika kita banyak memiliki software yang terinstal maka waktu untuk cek registry membutuhkan waktu yang lama.

Baik tidaknya suatu perangkat bukan dilihat dari hasil kerja perangkat tersebut melainkan bagaimana cara kita menggunakannya, apakah kita gunakan dengan positif atau justru kita gunakan untuk menjerumuskan diri kita sendiri. Menjaga dan merawat alat yang kita sukai merupakan hal yang lumrah agar perangkat yang kita sukai menjadi awet dan bisa digunakan sepanjang kita membutuhkannya. Demikian dari saya semoga bermanfaat.
Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger