Artikel Terbaru :

Home » » fungsi kegunaan multimeter dan pengertian multimeter

fungsi kegunaan multimeter dan pengertian multimeter

(dedi-smk.blogspot.com) Multimeter atau biasa disebut dengan AVO meter merupakan alat ukur listrik yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai macam satuan listrik yang diantaranya tegangan (volt), arus (ampere) dan hambatan (ohm). Multimeter lebih dipilih ketimbang alat ukur yang lain karena simpel dan bisa digunakan untuk mengukur banyak satuan listrik meskipun hanya dengan satu alat yakni multimeter saja. Dalam perkembangannya multimeter selalu mengalami perubahan, tentu saja perubahan yang dimaksud akan membawa multimeter menuju ke alat ukur yang lebih cermat serta mudah dalam penggunaannya. Pada dasarnya multimeter merupakan gabungan alat ukur dari volt meter, ohm meter dan ampere meter. Gabungan alat ukur tersebut dijadikan satu dengan rapi dan diberi nama dengan multimeter. Bagi yang belum tau seperti apa gambar dari multimeter berikut saya berikan foto multimeter:

Pada perkembangannya yang sangat pesat ternyata multimeter masih diciptakan lagi dengan versi terbarunya. Jika dahulu orang hanya mengenal multimeter analog maka akhir-akhir ini perkembangan multimeter menunjukkan multimeter versi yang terbaru yakni multimeter digital. Multimeter digital tentunya lebih baik dari multimeter analog, dengan akurasi pengukuran yang tinggi dan kemudahan dalam penggunaan serta pembacaan data hasil ukur membuat multimeter digital mulai disenangi dan menyebabkan multimeter analog ditinggalkan. Meskipun demikian masih banyak pula orang yang menggunakan multimeter digital karena merasa sudah terbiasa dan selainn itu harganya lebih murah daripada harus membeli nultimeter versi digital. Saya tekankan lagi pada dasarnya fungsi multimeter hanyalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur berbagai macam satuan listrik yang meliputi hambatan (ohm), tegagan (volt), dan arus (ampere).

Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger