Artikel Terbaru :

Home » » Pengertian polusi dan polutan beserta jenis-jenis dan contoh-contohnya.

Pengertian polusi dan polutan beserta jenis-jenis dan contoh-contohnya.

(dedi-smk.blogspot.com) Berita mengejutkan mengenai Indonesia yang memperoleh penghargaan dengan tingkat polusi terbesar nomor 3 di dunia merupakan salah satu potret tentang kurangnya kepedulian masyarakat dan pemerintah di Indonesia dalam menjaga lingkungan. Indonesia yang seharusnya menjadi paru-paru dunia saat ini justru menjadi racun yang setiap saat dapat menghancurkan dunia. Sudah sepantasnya kita berbenah dengan semua yang telah kita lakukan selama ini, sudah benarkah tindakan kita? Jangan menunggu alam marah kepada kita, sudah saatnya kita memperbaiki perilaku kita yang selama ini sering menimbulkan kerusakan terhadap alam. Terlepas dari semua itu dedi-smk kali ini akan membahas mengenai "pengertian pencemaran/polusi, macam-macam nya, beserta contoh-contohnya" hanya untuk kamu yang mengunjungi http://dedi-smk.blogspot.com. Kita semua tau, kita tidak akan bisa menangani masalah jika kita belum tau seluk beluk masalah tersebut. Begitu pula dengan polusi, kita tidak akan bisa menangani polusi jika kita saja tidak tau apa itu pengertian dari polusi. Polusi atau pencemaran menurut UU RI no.23 1997 adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup,zat,energi, dan atau komponen lain kedalam lingkungan oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sesuai peruntukan nya. Didalam polusi selalu ada istilah polutan, yakni zat atau bahan yang dapat menyebabkan pencemaran/polusi.

POLUSI DIBAGI MENJADI 4

  1. Polusi udara
  2. Polusi air
  3. Polusi tanah
  4. Polusi suara
POLUSI/PENCEMARAN UDARA

Polusi udara atau pencemaran udara adalah polusi/pencemaran yang terjadi di udara yang disebabkan adanya polutan yang berupa gas maupun zat partikel.
Contoh polutan di udara: CO, CO2, HzS, COz, SOZ, NO2, pembakaran batu bara (menghasilkan sulfur dioksida), radiasi nuklir, dan lain-lain.

POLUSI/PENCEMARAN AIR

Polusi air adalah polusi yang terjadi didalam air, contoh polutan nya: limbah industri, insektisida, Pb, Hg, Zn, CO, dan lain-lain.

POLUSI/PENCEMARAN TANAH

Polusi tanah adalah polusi yang terjadi didalam tanah, contoh polutan nya adalah:  Sampah plastik, botol, kaleng, karet, detergen yang dibuang di tanah, insektisida yang dibuang di tanah, dan lain-lain.

POLUSI SUARA

Polusi suara biasanya disebabkan oleh suara bising dari mesin kendaraan. suara deru mesin pabrik, speaker, dan semua suara yang mengganggu pendengaran (pada umumnya suara keras).

Cukup sekian, semoga bermanfaat.


Share this post :

Post a Comment

Apakah artikel dalam blog ini akurat dan dapat dipertanggung jawabkan?

Mohon maaf, blog merupakan sarana untuk bertukar informasi, bertukar opini dan bahkan sarana untuk menulis buku harian. Saya tak menjamin keakuratan informasi dalam blog ini karena sebagian artikel merupakan pendapat saya pribadi, pengalaman saya dan hal-hal lain yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendaknya anda jangan menjadikan blog ini sebagai acuan sumber informasi akurat anda, blog ini berisi artikel yang berupa opini yang belum tentu kebenarannya.

 
Copyright © 2012-2013. DEDI-SMK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited By Panjz Online Proudly powered by Blogger